Kodama

Apa itu Kodama? Sebelum ngejelasin apa itu Kodama, sedikit informasi kenapa gw ngebahas Kodama ini.
Pertama(umm, yang pertama bukan ya?) kali gw liat Kodama itu di movie anime keluaran studio ghibli yang judulnya Princess Mononoke. Kenapa bisa bikin gw pengen ngepost soal Kodama disini? soalnya dari yang gw liat di Anime princess Mononoke tu lucu. hahaha.
Sekarang gw jelasin nih, apa itu Kodama dan gimana bentuknya.

Kodama itu merupakan cerita rakyat yang berasal dari Jepang. Dia merupakan roh yang tinggal dibeberapa pohon tertentu. Kodama tu ga cuma satu kok, dari yang gw tonton, jadi ceritanya dihutan itu banyak Kodamanya.Konon ceritanya, kalau pohon yang ditinggali Kodama itu ditebang maka akan membawa sial sipenebangnya. Biasanya pohon yang ditinggali oleh Kodama ditandai dengan tali Shimenawa, tapi ada kemungkinan juga karena pohon tersebut sudah sangat tua. Apa itu tali Shimenawa? Shimenawa adalah tali yang dipasang sebagai perbatasan antara yang suci dan duniawi. Tali Shimenawa ini biasanya dipasang ditempat-tempat suci atau dibenda-benda yang dianggap suci.

Balik lagi nih ke Kodama. Udah tau kan apa Shimenawa itu. Sekarang gw akan ngejelasin gimana bentuk dari Kodama. Tubuh Kodama itu seperti tubuh anak kecil yang berwarna putih. Malah menurut gw sekecil balita. Dia ga memakai baju untuk menutupi tubuhnya yang seluruhnya berwarna puth. Nah untuk wajahnya, untuk yang pertama lihat mungkin akan takut kali ya. Bentuk wajahnya ada yang bulat, lonjong, oval, macem-macem deh.

image by: Muninggar Herdianing.

Post a Comment