Kecerdasan Emosional (EQ: Emotional Quotient)

Sebelumnya ada diantara kalian yang tau apa itu kecerdasan emosional? Mungkin kita akan sedikit nyerempet ke hal-hal yang berbau psikologi, soalnya pembahasan ini menyangkut emosi seseorang.

Pertama kali gw baca soal kecerdasan emosional ini tu di buku-buku soal kakak gw yang gw pake latihan waktu menjelang UN SMK dulu. Biasanya kan suka ada kutipan-kutipan buat ngasih semangat kita yang lagi ujian, Nahh, disitu gw mulai ngertilah apa maksudnya kecerdasan emosional itu.

Kecerdasan Emosional, atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Emotional Quotient menurut beberapa ahli sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual atau yang kita kenal IQ. Bahkan sekarang ini banyak ahli yang berpendapat bahwa kecerdasan emosional ini dua kali lebih penting dibandingkan IQ.
Setelah baca beberapa artikel untuk menambah pengetahuan gw -_-, Sekarang gw udah mengerti full apa kecerdasan emosional itu.
Banyak basa basi ya... -___-"

Kecerdasan emosional merupakan seuatu kemampuan untuk mengenali emosi kita sendiri ataupun emosi orang lain. Dengan kecerdasan emosional kita dapat lebih mengontrol emosi yang ada dalam diri kita atau orang lain. Contohnya, banyak orang yang sering melakukan sesuatu berdasarkan emosi sehingga hasil yang dicapai sering tidak maksimal. Dengan kecerdasan emosional seseorang dapat mengontrol emosinya dan mengambil keputusan secara matang tanpa terbawa emosi, sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal.

Menurut gw sendiri, seorang pemimpin itu juga sangat membutuhkan yang namanya kecerdasan emosional. Kenapa? Soalnya banyak keputusan yang menyangkut organisasi diputuskan oleh pemimpin, jika si pemimpin tidak dapat mengontrol emosinya dan mengambil keputusan tanpa pikir panjang, maka yang dipertaruhkan adalah nasib dari organisasi itu sendiri.

Post a Comment