ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah dasar umum

Pendidikan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri atas
1. Kemampuan profesi
2. Kemampuan akademik
3. Kemampuan pribadi

Untuk kemampuan akademik dan profesi telah diusahakan dalam Mata Kuliah Keahlian, yaitu mata kuliah menurut bidang keahlian masing-masing yang diberikan perguruan tinggi, diamping kegiatan korikuler yang menunjang kegiatan kulikuler. Kedua kemampuan tersebut bertujuan memberikan keahlian dalam bidangnya dan menpraktekkannya dalam masyarakat.
Sedangkan kemampuan pribadi diharapkan dapat dicapai melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam MKDU, yang terdiri atas mata kuliah :
1. Pancasila
2. Agama
3. Kewiraan
4. Pendidikan sejarah perjuangan bangsa
5. Ilmu alamiah dasar
6. Ilmu social dasar
7. Ilmu budaya dasar
Dilihat dari pengertian ISD sendiri bahwa ISD adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah sosial yang ada di masyarakat, maka menurut saya tujuan ISD itu sendiri adalah untuk memahami adanya masalah yang ada dalam masyarakat dan juga kita sebagai mahasiswa yang baik harus bisa mengatasi masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

Kelompok Ilmu Pengetahuan

ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu :
1. Natural Science ( ilmu alamiah), meliputi fisika, kimia, astronomi, biologi, dll.
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.
2. Social science (ilmu sosial), terdiri dari sosiologi, ekonomi, politik, sejarah, geografi, dll.
mu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
3. Humanities (ilmu budaya), meliputi bahasa, agama, kesusastraan, kesenian, dll.
Pengetahuan budaya ini bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
Dalam kenyataan yang terjadi pada masa sekarang ini banyak penyimpangan-penyenyimpangan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat karena kurangnya pengetahuan masyarakat itu tentang Ilmu sosial.

Diadakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) bertujuan untuk menyadarkan masyarakat khususnya mahasiswa mengenai masalh social yang menimpa Negara Indonesia ini. Dan seharusnya mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa dapat menanggapi dengan baik dan mengambil tindakan untuk berpartisipasi dalam menangani masalah social yang ada.
Source: buku ISD, radiopatria.net

Post a Comment