ruang lingkup ekonomi: masalah-masalah ekonomi

Yang dimaksud dengan ruang lingkup ekonomi adalah apa-apa saja yang berhubungan dengan ekonomi.dan yang ada didalamnya Ekonomi sendiri adalah hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas produksi, distribusi dan konsumsi yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. 

Pertama akan saya bahas disini adalah tentang prinsip ekonomi yang pastinya sudah diketahui banyak orang juga. Prinsip ekonomi yaitu melakukan pengorbanan sampai batas tertentu dengan mendapatkan hasil yang maksimal. Tanpa disadari, manusia sudah menerapkan prinsip ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Contohnya saja penawaran yang dilakukan calon pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang sedikit. 

Yang kedua adalah masalah ekonomi itu sendiri. Masalah ekonomi disini menjelaskan tentang jenis-jenis kebutuhan dalam kehidupan masyarakat. Seperti kebutuhan akan materi juga jasa yang sangat diperlukan untuk sehari-hari. Kebutuhan manusia dibagi menjadi 2, yaitu kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan akan barang dan jasa.

Kebutuhan sehari dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu kebutuhan berdasar tingkatan dan intensitas (primer, sekunder dan tersier), kebutuhan berdasar waktu (sekarang, masa depan, taktentu, dan sepanjang waktu), kebutuhan menurut sifat (jasmani dan rohani), kebutuhan manurut aspek (individu dan kelompok). 

Kebutuhan manusia yang kedua adalah barang dan jasa yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang dan jasa juga dapat dibedakan menjadi 4 yaitu berdasarkan cara memperolehnya, berdasarkan jaminan, berdasarkan kegunaan, dan berdasarkan proses produksinya. 

Masalah yang kedua yaitu kelangkaan akan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya alam yang dipakai dalam proses produksi barang dapat terus berkurang atau bahkan dapat habis jika dipakai secara terus-menerus. Hal itu dapat menghambat proses produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen oleh produsen.

Dalam ekonomi ada juga yang disebut sebagai masalah pokok ekonomi, yaitu tentang proses produksi, konsumsi dan distribusi. Bisa juga mengenai barang apa yang diproduksi, bagaimana barang diproduksi serta untuk siapa barang tersebut diproduksi. 


Post a Comment