Perilaku Konsumen

Konsumen adalah seseorang yang membeli dan mengurangi kegunaan suatu barang atau jasa. Dalam memahami bagaimana perilaku seorang konsumen dapat dilakukan 2 jenis pendekatan yaitu pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dari konsumen, yang pertama adalah faktor sosial, yang terdiri dari grup, keluara serta peran dan status. Keadaan lingkungan sosial seseorang dapat membentuk perilaku konsumen contohnya saja dalam keluarga yang memang sejak kecil seseorang sudah diajarkan bagaimana dia dapat membeli suatu barang dengan melakukan penawaran harga yang biasa dilakukan orang tuanya. Faktor yang kedua adalah faktor personal, contohnya seperti situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian, umur, dan pekerjaan. Faktor yang ketiga adalah faktor psikologi seperti motivasi, persepsi, kepercayaan, dan pembelajaran. Faktor yang keempat yaitu faktor kebudayaan seperti subkultur dan kelas sosial.

Contoh dari perilaku konsumen pun dapat kita lihat sehari-hari, bahkan dapat dilihat dari diri kita sendiri. Konsumen memiliki perilaku yang unik dan berbeda satu sama lain, namun ada juga perilaku yang sering kita jumpai seperti keinginan untuk membeli barang elektronik. Seiring dengan berkembangnya teknologi, barang-barang elektronik seperti TV, komputer, handphone dan lainnya juga semakin canggih. Banyak konsumen yang lebih menginginkan barang elektronik keluaran terbaru dengan alasan untuk mempermudah kegiatan yang biasa mereka lakukan dengan teknologi-teknologi terbaru.

Post a Comment