agama dalam masyarakat indonesia

Di dunia, agama sudah menjadi hal yang formil bagi penduduknya. Agama bisa dibilang kepercayaan yang dianut setiap orang yang mengakui adanya tuhan yang menciptakan dunia. Di Indonesia memiliki 5 agama yang sudah diakui rakyatnya, yaitu islam, Kristen protestan dan katolik, hindu, Buddha dan konghucu. Setiap agama memiliki cara yang berbeda-beda dalam melaksanakan ritual agamanya. Dan apalagi Indonesia merupakan Negara yang masyarakatnya terdiri dari berbagai macam suku, yang biasanya memiliki hubungan erat dengan agama yang dianutnya masing-masing. Misalnya saya memiliki teman beragama Hindu, kebanyakan di Indonesia orang-orang yang beragama Hindu itu berasal dari Bali, dan ya, teman saya itu berasal dari Bali dengan budaya Hindunya yang sangat kental. Namun tidak hanya dari Bali saja, misalnya teman saya yang lain juga ada yang berasal dari India, dan memang India sebagian penduduknya banyak yang beragama Hindu.
Buddha dan Konghucu juga biasanya dianut oleh masyarakat yang berasal dari keturunan China, namun banyak teman saya yang juga beragama Buddha tidak semuanya keturunan China. Kakak dari teman saya pindah jadi beragama Buddha karena suaminya juga beragama Buddha, hal ini juga biasa terjadi dalam semua agama, pindah agama karena pernikahan ataupun ingin pindah karena keinginan sendiri.
Sekarang mau dari suku Jawa, Sunda ataupun Bali juga China, dan lain-lain semuanya sudah susah kalau mau dilihat dari garis keturunan, karena sekarang budaya di Indonesia sudah saling beriteraksi dan kadang hal itu juga memberikan perubahan termasuk dalam agama yang dianut. Tapi tidak hanya di Indonesia, seluruh dunia pun begitu, hal ini mungkin juga dipengaruhi dengan lingkungan manusia tersebut hidup.




Post a Comment