Proposal Penulisan Ilmiah: E-learning Berbasis Web


1.1  Latar Belakang
Pada era modern ini, banyak masyarakat yang kehidupannya sangat bergantung dengan teknologi. Terutama dikalangan anak-anak yang sehari-harinya menggunakan handphone, computer atau alat teknologi lainnya yang biasanya digunakan untuk bermain game, chatting, mengerjakan tugas, dan juga dalam proses belajar mengajar. Sekarang ini sudah banyak metode-metode belajar yang digunakan orang tua, guru ataupun dosen dalam kegiatan belajar mengajar. Contohnya adalah E-learning. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 
Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :
1.     melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
2.     mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
3.     mengontrol kegiatan belajar peserta didik.
E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
Penulis akan membuat E-learning khusus membahas tentang tata surya.

1.2  Pembatasan Masalah
Dalam penulisan ini akan dibahas mengenai pembangunan E-learning Bahasa Inggris dengan menggunakan sarana website. E-learning berbasis web ini hanya akan menggunakan bahasa PHP dengan Dreamweaver dan MySQL untuk database. E-learning ini bersifat online. Dan didalamnya hanya akan membahas tentang benda-benda langit seperti planet, ansteroid, satelit dan lainnya. Untuk menguji pemahaman akan disiakan latihan mengenai apa-apa saja yang sudah dibahas dalam pembelajaran dalam E-learning.

1.3  Tujuan
Tujuan membuat E-learning berbasis web ini adalah untuk mempermudah siswa dalam mengerti dan menambah ilmu tentang apa-apa saja mengenai tata surya.

1.4  Metode Penelitian
Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode : Studi Pustaka yaitu penelitian secara teoritis dengan cara membaca buku tentang penggunaan PHP, Dreamweaver dan MySQL.
Penulisan Ilmiah ini disusun secara sistematis melalui beberapa tahap, yaitu:           
1.      Pengumpulan data/informasi.
2.      Perancangan struktur navigasi dan perancangan tampilan.
3.      Pembuatan web E-learning.
4.      Publikasi web E-learning.
5.      Pengujian web E-learningi.

1.5  Sistematika Penulisan
            Untuk memudahkan pembahasan penulisan ilmiah ini, maka penulisan ilmiah ini dibagi menjadi empat bagian.

BAB I             : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan juga sistematika yang disajikan dalam penulisan.

BAB II            : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang apa itu E-learning, Dreamweaver dan MySQL.

BAB III          : PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang rancangan dan implementasi dari web yang dibuat serta hasil yang ditampilkan.

BAB IV          : PENUTUP
Dalam bab ini merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dari keseluruhan pembahasan penulisan ilmiah ini dan saran.
DAFTAR PUSTAKA

Post a Comment