Laporan Penulisan Ilmiah


BAB I
Pendahuluan
1.1             Latar Belakang
Pada era modern ini, banyak masyarakat yang kehidupannya sangat bergantung dengan teknologi. Terutama dikalangan anak-anak yang sehari-harinya menggunakan handphone, computer atau alat teknologi lainnya yang biasanya digunakan untuk bermain game, chatting, mengerjakan tugas, dan juga dalam proses belajar mengajar. Sekarang ini sudah banyak metode-metode belajar yang digunakan orang tua, guru ataupun dosen dalam kegiatan belajar mengajar. Contohnya adalah E-learning. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 
E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
Penulis akan membuat E-learning khusus membahas tentang tata surya.

1.2             Pembatasan Masalah
Dalam penulisan ini akan dibahas mengenai pembangunan E-learning Bahasa Inggris dengan menggunakan sarana website. E-learning berbasis web ini hanya akan menggunakan bahasa PHP dengan Dreamweaver dan MySQL untuk database. E-learning ini bersifat online. Dan didalamnya hanya akan membahas tentang benda-benda langit seperti planet, ansteroid, satelit dan lainnya. Untuk menguji pemahaman akan disiakan latihan mengenai apa-apa saja yang sudah dibahas dalam pembelajaran dalam E-learning.

1.3             Tujuan
Tujuan membuat E-learning berbasis web ini adalah untuk mempermudah siswa dalam mengerti dan menambah ilmu tentang apa-apa saja mengenai tata surya.

1.4             Metode Penelitian
Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode : Studi Pustaka yaitu penelitian secara teoritis dengan cara membaca buku tentang penggunaan PHP, Dreamweaver dan MySQL.
Penulisan Ilmiah ini disusun secara sistematis melalui beberapa tahap, yaitu:           
1.      Pengumpulan data/informasi.
2.      Perancangan struktur navigasi dan perancangan tampilan.
3.      Pembuatan web E-learning.
4.      Publikasi web E-learning.
5.      Pengujian web E-learningi.
1.5             Sistematika Penulisan
            Untuk memudahkan pembahasan penulisan ilmiah ini, maka penulisan ilmiah ini dibagi menjadi empat bagian.

BAB I             : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan juga sistematika yang disajikan dalam penulisan.

BAB II            : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang apa itu E-learning, Dreamweaver dan MySQL.

BAB III          : PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang rancangan dan implementasi dari web yang dibuat serta hasil yang ditampilkan.

BAB IV          : PENUTUP
Dalam bab ini merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dari keseluruhan pembahasan penulisan ilmiah ini dan saran.
DAFTAR PUSTAKA








BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian E-learning
         
E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal.

Dari sisi materi pembelajaran e-learning yang ada saat ini dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu : 

1. E-learning tutorial, baik berupa teks maupun video. 

Contohnya adalah learningelectric.com yang merupakan e-learning berisi tutorial kemampuan dasar komputer seperti word, excel dan lain-lain. 

2. E-learning latihan (exercise) 

Jenis e-learning ini menampilkan soal-soal latihan suatu materi, untuk kemudian dikerjakan oleh user secara online sehingga user dapat langsung mengetahui tingkat kemampuan terhadap materi tersebut. Contohnya adalah English test net yang berisi latihan-latihan TOEFL. 

3. E-learning simulasi 

Pada jenis ini digunakan simulasi untuk menggambarkan suatu prose atau kejadian. Contohnya adalah falstad.com yang berisi simulasi-simulasi untuk memvisualkan berbagai macam konsep pada bidang matematika, fisika dan teknik. 

4. Game e-learning 

Pada jenis ini game digunaka sebagai media penyimpan materi. Penggunaan game ini dapat sebagai tutorial, exercise, simulasi maupun sebagai permainan. 


2.2 Manfaat E-learning
Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :
1.     melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
2.     mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
3.     mengontrol kegiatan belajar peserta didik.



BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
E-learning akan sangat membantu proses belajar mengajar disekolah maupun dirumah. E-learning mengenai tata surya yang biasa dipelajari siswa tingkat SD dan SMP ini akan membuat proses belajar lebih efisien dan sangat menghemat waktu antara murid dan guru.

3.2  Saran
Untuk memudahkan siswa berinteraksi dengan web e-learning ini dibutuhkan desain yang mudah dimengerti orang yang awam dengan computer. Untuk itu dalam perancangan tampilan dibuat agar lebih simple, menarik dan sesuai dengan prinsip-prinsip desain yang ada,










DAFTAR PUSTAKA

Post a Comment