just write it out

Minggu, 9 September 2011. Setelah berjam-jam muter otak nyari imageready dilaptop (yang ternyata ga ada), akhirnya nemu juga cara nganimasiin gambar ke gif (ternyata udah ada di photoshopnya --"). Dan setelah berjam-jam kemudian ngutak-ngatik photoshop buat nganimasiin ke gif, akhirnya ketemu juga caranya (maklum udah lama ga bikin ginian).

Kalo ditanya apa tujuan bikin ini sih ga ada yang spesial, cuma hobi.haha :D. Berapa hari yang lalu tau-tau aja pengen bikin muka yang ekspresinya beda-beda (terutama yang lagi marah, itu ekspresi favorit gw, bodoh aja ngeliatnya --). Nah, gambar ini rencananya juga mau gw jadiin avi di akun deviantart gw, maklum belum pernah diganti sejak yang pertama.

Mumpung masih anget, mungkin gw bisa bahas sedikit nih tentang cara bikinnya.
Pertama, bikinlah gambar dulu, terserah mau gambar apa juga. Mau ngecrop dari gambar lain juga ga papa asal diedit atau dicantumin juga sumber itu gambar, biar ga dibilang plagiarism!. Nah, kalo bisa, gambar yang mau dibikin animasi itu beda-beda layarnya biar nanti lebih gampang diatur.

Sekarang langsung aja nih ketahap animasinya. Karena gw merasakan nasib yang emang ga ngenakin waktu ga dapet jawaban atas pertanyaan gw, "dimana kamu image ready", sampe bikin gw harus nginstall ulang photshop yang berakhir gagal juga (kesel gak sih?), dan sampe harus ngerestore ni laptop (penuh perjuangan banget coba), bagi kalian yang suka ngedit, disain atau secara terpaksa punya tugas macem gini gw jelasin disini kalo di CS3 itu GA ADA imageready!! itu berdasar pengalaman gw sendiri. Jadi, kalo di CS3 to ga kaya photoshop sebelumnya yang bisa ngimpor imageready, yang emang udah sepaket. Di CS3, kalo mau buat animasi klik menu Window >> Animation
abis itu akan muncul bar untuk frame animasi seperti ini

Nah, setelah itu kalian tinggal masukkin aja gambar ditiap framenya. Untuk lama animasi, bisa dirubah dengan mengklik masing-masing frame.
kalau udah fix sama karya kalian, bisa kalian save dengan klik file >> save for web & devices dan pilih format .gif. Menurut beberapa sumber, kalau gambar masih belum bergerak waktu disave gif
, coba install ulang photoshopnya, kemungkinan waktu peingstallan tidak lengkap. Coba juga kalian buka dengan web browser seperti firefox, chrome, IE dll, karena biasanya file-file seperti itu sering dipakai untuk iklan oleh situs-situs tertentu.

Okay, mudah-mudah bisa membantu sedikit dari kebingungan kalian (???)
Untuk hasil gw, bisa dilihat di http://mizu032.deviantart.com/#/d4cab7y

Post a Comment