Berorganisasi dalam masyarakat (resume)

Oke, sebelum lupa apa yang disampaikan sama kelompok 1 selasa kemarin saya akan tulis ringkasan atau kesimpulan dari presentasi kemarin.

Materi tentang organisasi dalam masyarakat. Kalau bicara soal organisasi pasti banyak contohnya, seperti osis, pmr sampai organisasi besar seperti partai-partai politik. Organisasi itu ada dua macam. Profit dan non profit serta formal dan informal. Seperti namanya, organisasi yang bersipat profit adalah organisasi yang terbentuk untuk mendapatkan keuntungan, sepert perusahaan, sekolah atau universitas. Sedangkan non profit adalah kebalikannya, yaitu tidak mencari keuntungan seperti koperasi. Untuk organisasi formal, dari yang saya mengerti adalah organisasi yang memiliki struktur yang jelas, sedangkan informal kebalikannya.

Untuk membentuk suatu organisasi, baiknya kita memiliki tujuan yang bermanfaat dan tidak merugikan masyarakat sekitar lingkungan kita maupun masyarakat luas. Dalam organisasi kita juga harus memperhatikan anggota dalam organisasi, bagaimana latar belakang, sifat dan kelakuan anggota. Nah, yang paling penting dalam organisasi itu adalah ketua atau pemimpin oraganisasi. Organisasi yang baik pastinya memiliki pemimpin yang baik juga. Dari segi manapun, yang paling dilihat dalam organisasi itu adalah pemimpinnya.

Dalam tugas makalah ini, kelompok 1 mengambil contoh FPI. Akhir-akhir ini sering terjadi kasus yang melibatkan organisasi ini. Dan kebanyakan adalah kasus penghancuran property atau semacamnya. Padahal kalau menurut saya sendiri, tindakan ini tidak sepenuhnya benar. Mungkin ini disebabkan kurangnya perhatian terhadap anggota organisasi sehingga terdapat hal-hal yang terjadi diluar dugaan. Dari yang sebenarnya bertujuan baik, kemudian melenceng dari tujuan sebelumnya.

Itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai materi ini (walaupun agak ngatung dikit ceritanya) ^^.

Post a Comment