Manusia dan cinta kasih

Cinta disini maksudnya bukan hanya cinta antara sepasang kekasih aja. Disini maksudnya cinta kasih antara anak dengan ibu, antar teman atau yang lain. Kalau menurut saya sih cinta itu bisa terjadi dimana saja dan sama siapa saja. Cinta itu dapat didefinisikan sebagai rasa saya yang muncul dalam hati seseorang. Bahkan hewan juga memiliki cinta atau , seperti induk kepada anak-anaknya.
Cinta kasih seorang manusia dapat dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Cinta Kasih Secara Vertikal, yaitu meliputi cinta kasih terhadap Tuhan sebagai sang pencipta termasuk juga apapun yang berhubungan langsung dengan Tuhan itu sendiri. Seperti Cinta kasih terhadap Agama, Nabi, KitabSuci, Malaikat, dan lainnya.
2. Cinta Kasih Secara Horisontal, yaitu meliputi cinta kasih terhadap lingkungannya. seperti Cinta kasih terhadap antar sesame Manusia, Alam, Hewan dan Tumbuhan.

Cinta terhadap tuhan merupakan sesuatu yang amat penting dalam kehidupan manusia, khususnya bagi yang beragama. Dengan beragama mereka memiliki pedoman dalam menjalani hidup, dan rasa cinta ini merupakan sesuatu yang baik bagi rohani kita.

cinta kasih secara horisontal biasanya timbul dari rasa simpati ataupun empati manusia. tidak mengenal kepada siapa atau dimana. Itu merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan yang baik terhadap manusia, alam, hewan atau apapun itu.

Post a Comment