Pendapat?

Selasa, 19 September 2011. Hari pertama masuk kuliah setelah libur panjang pergantian tahun ajaran. Mata kuliah : Teori Organisasi Umum 1 (Softskill) ; Jam ke : 9/10 (jam terakhir menurut jadwal, pulang lebih awal soalnya hari pertama masuk) ; Dosen : Ibu Ira.

Setelah beberapa menit masuk ke ruang kelas E328, Ibu Ira mulai menjelaskan bagaimana softskill yang beliau ajar dan metode-metode pengambilan nilai yang direncanakan (surprise sekali, soalnya softskill semester 1 & 2 nggak begini - -“). Tugas: pembuatan makalah perkelompok(materi ditentukan), posting artikel perkelompok, pembuatan resume setelah presentasi kelompok, yang terakhir tugas yang saya kerjakan ini, pendapat tentang penjelasan yang tadi dijelaskan Bu Ira.

Tulisan ini saya tulis berdasar apa yang saya tangkap dan saya mengerti dan juga saya simpulkan sendiri -_- . pertama megenai mata kuliah Teori Organisasi Umum 1. Kalau dari yang dijelaskan Ibu Ira tadi (dan yang saya ingat juga), Organisasi itu bisa saja dapat dibentuk untuk mencapai tujuan yang sama. Bisa saja Organisasi penggemar Jepang yang sering saya lihat. Menurut saya ini juga bisa disebut sebagai organisasi , walaupun tidak terbentuk secara tertulis atau resmi. Disitu mereka biasa melakukan diskusi tentang musik, budaya dan lain-lain. Berikutnya untuk konflik dalam organisasi. Ahh..yang ini saya juga pernah ngerasain gimana susahnya mengurus organisasi. Bisa dilihat dari kurangnya komunikasi, kurangnya kinerja anggota bahkan bisa juga dari pemimpin yang tidak kompeten. Dari situ, timbulah konflik-konflik yang bisa mengurangi fungsi dari organisasi itu sendiri. Sekali atau dua kali konflik mungkin tidak masalah, bahkan bisa lebih membantu (menurut saya). Karena dari konflik itu kita juga dapat belajar bagaimana menyelesaikan masalah secara dewasa dan tanpa ada adu mulut dan lain-lain. Bisa saja satu organisasi yang tidak pernah bertemu konflik dalam waktu yang lama, kemudian timbul berbagai konflik yang butuh diselesaikan secara baik-baik. Disini mungkin akan timbul kebingungan dan keraguan dalam organisasi tentang bagaimana menyelesaikan masalah ini. Dari sini anggota organisasi akan belajar menyelesaikan organisasi. Oke,sekian tentang pembahasan materi. Maaf kalau terlalu singkat berhubung pengetahuan saya tentang organisasi yang masih minim -_-a .

Sekarang tentang hal-hal lain yang dibahas Ibu Ira. Untuk softskill yang diajar beliau memang berbeda (jujur!). Dari mulai pembuatan makalah (buat matkul softskill ini lain menurut saya), presentasi, pembuatan resume dan lain-lain yang akan datang @.@ .

Sekian dulu mungkin pembahasan hari ini. mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan. ‘-‘

Post a Comment